Senin, 30 Januari 2012

Artikel 6 (Dewi Puspitasari)











ANALISIS KONTRASTIF PEMARKAH ASPEK KONTINUATIF BAHASA INDONESIA DENGAN BAHASA JEPANG (PREFIKS ME ~, TER ~, DAN PARTIKEL TELAH 
DENGAN SUFIKS ~ TE ARU) 

Dewi Puspitasari 
Universitas Padjadjaran 

Abstract: Contrastive linguistic is an activity that contrasitified linguistic elements which include phonetics, vocabularies, grammatical, etc, between two or more language. This research contrasted languages of mother tongue with the language that being studied. This study will emphasize on contrastifiying two language, Indonesian and Japanese, by comparing Indonesian continuation's aspects prefix me ~, ter ~, and particle telah, with a suffix ~ te aru in Japanese. These objects are chosen due to its similarity in functional usage. The aims is to identify the rules of mother tongue with the language being studied, so that, we can compare and contrast between those two language in order to improve our skill in using foreign language, especially Japanese language. 

Keywords: Contrastive, Continuation’s Aspect, Prefix, Suffix, Perfect.

Abstrak: Kontrastif linguistik adalah suatu kegiatan yang membandingkan unsur-unsur linguistik yang meliputi fonetik, kosa kata, tata bahasa, dll, antara dua atau lebih bahasa. Penelitian jenis ini membandingkan bahasa-bahasa ibu dengan bahasa yang sedang dipelajari. Penelitian ini akan menekankan pada pembandingan dua bahasa, Indonesia dan Jepang, dengan membandingkan aspek kelanjutan Bahasa Indonesia yang berawalan me ~, ter ~, dan partikel telah, dengan akhiran ~ te aru dalam bahasa Jepang. Objek-objek ini dipilih karena kesamaan dalam penggunaan fungsional. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi aturan-aturan bahasa ibu dengan bahasa yang sedang dipelajari, sehingga, kita dapat membandingkan dan mengpertentangkan antara dua bahasa dalam rangka meningkatkan keterampilan kita dalam menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Jepang. 

Kata Kunci: Kontrastif, Aspek Kelanjutan, Awalan, Akhiran, Sempurna


...

CLICK menuju DAFTAR ISI   atau bisa menuju ADI, bisa juga menuju  AMBARA

Tag Contrastive, Continuation’s Aspect, Prefix, Suffix, Perfect

Tidak ada komentar:

Posting Komentar